Lima Jurnalis Desa Kabupaten Banyuwangi Ikuti Pelatihan Jurnalis Media Desa Nusantara

  • Whatsapp

Jakarta – Dalam rangka mendapatkan ilmu baru mengenai jurnalis, lima jurnalis Desa asal Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, ikuti Pelatihan Jurnalis Media Desa Nusantara (JMDN) yang bertempat di gedung CMC Kelapa Gading – Jakarta Utara, Senin (23/10).

Pemateri untuk acara tersebut yakni Ibu Tuty Purwaningsih selaku Direktur JMDN dan Bapak Jonro I. Munthe, S.Sos yang merupakan  pimpinan majalah Narwastu. Kegiatan tersebut juga dihadiri sekitar kurang lebih 30 orang peserta yang sudah terlebih dahulu melakukan pendaftaran.

Sebagai perkenalan dari dilakukannya pelatihan ini, setelah sambutan dari Ibu Tuty Purwaningsih, Bapak Jonro menjelaskan dasar-dasar bagaimana kita bisa menjadi seorang jurnalis yang profesional dan bertanggungjawab. Dimulai dari memperkenalkan kode etik jurnalis, hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh jurnalis dan sebagainya.

Sebagai tambahan materi yang matang, Ibu Tuty Purwaningsih juga menyampaikan bahwa sebelum kita mem-publish sebuah berita, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti: keakuratan dari berita yang akan di publish, narasumber, kejadian dan konfirmasi dari  kedua belah pihak. Kemudian dilanjut dengan pembagian dan jenis-jenis berita.

Tentunya, pelatihan ini adalah untuk menambah ilmu atau menambah wawasan kita dalam menekuni bidang jurnalis, karena dengan kita bersungguh-sungguh menggeluti pekerjaan ini kita akan bisa di kenal oleh semua orang.

Beliau bepesan kepada seluruh jurnalis-jurnalis desa bahwa kita semua harus jadi jurnalis yang taat hukum, yang taat peraturan dan jadilah jurnalis baik tanpa meugikan banyak orang sebab sebagai seorang jurnalis, artinya kita juga berperan sebagai wakil publik. (Ami – Jurnalis JMDN)

Editor: Vanesha N.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *