Kisah Kades Eva yang Berhasil Merubah Desa Kalirejo Menjadi Desa Mandiri dan Berswadaya

  • Whatsapp

Kalirejo, Banyuwangi – Desa Kalirejo mempunyai sosok Kepala Desa yang gemar melakukan terobosan-terobosan dalam membangun masyarakat desa. Berkatnya, Desa Kalirejo kini berbenah dan berubah menjadi Desa yang mandiri dan berswadaya.

Namanya Eva Tristian Elti S.Pd atau yang akrab disapa Eva ini menjadi salah satu tokoh perempuan di Kabupaten Banyuwangi yang diamanahi untuk memimpin Desa Kalirejo. Perempuan kelahiran Madiun ini, kini telah menginjak usia 53 tahun.

Kades Eva sering kali turun langsung mendengar keluh kesah dan melayani masyarakatnya. Ada beberapa program yang berhasil dijalankan baik dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan pemerintahan.

Salah satu program yang kini sudah berjalan adalah program ketahanan pangan yang berhasil memanen ratusan kilo tanaman pangan seperti jagung dan padi setiap tahunnya. Selain itu, dalam bidang kesehatan, Beliau juga rutin melakukan cek kesehatan kepada masyarakat utamanya balita dan lansia lewat layanan kesehatan di Desa.

Baru-baru ini, untuk mendukung program kesehatan di Desa Kalirejo, Kades Eva telah meresmikan bangunan Posyandu baru. Hal ini, bertujuan untuk menunjang pelayanan kesehatan masyarakat Desa Kalirejo.

Sementara dalam bidang Pemerintahan sendiri, TP PKK Desa Kalirejo menjadi perwakilan kabupaten Banyuwangi untuk tampil dalam ajang lomba PHBS-LBS tingkat Provinsi. Dan masih banyak lagi program-program yang berhasil direalisasikan seperti bedah rumah, penanganan stunting, pelatihan untuk pemberdayaan masyarakat, dan lain-lain.

Teknisnya, Desa Kalirejo selalu bersinergi dengan lembaga dan Dinas Pemerintahan serta melibatkan semua elemen masyarakat dalam melancarkan program-program tersebut. (Mila – Jurnalis Desa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *